Tips Desain Rumah Tipe 21 agar Terasa Lapang dan Nyaman

Post On: 7 Desember 2017
Desember 3, 2017

Desain rumah tipe 21 merupakan jenis rumah RS/RSS yang banyak dibangun pengembang untuk masyarakat bawah yang berpenghasilan pas-pasan. Dengan luasan tanah sekitar 7 x 3 meter persegi memang akan terasa sangat sempit, terutama untuk keluarga yang telah memiliki anak. Anda mungkin bisa membayangkan bagaimana penghuni rumah bisa bergerak dengan luasan yang ada itu.

desain rumah tipe 21

Rumah dengan tipe 21 sebenarnya lebih sesuai diperuntukkan bagi peorangan yang sedang bertugas di suatu daerah. Dengan tinggal seorang diri, seorang karyawan yang menghabiskan waktunya di kantor atau di tempat kerja tak terlalu merasa sempit dengan luasan rumah yang ada. Sehingga dengan memanfaatkan rumah sebagai tempat tidur semata, maka rumah akan terasa cocok dan sesuai untuk dihuni oleh satu orang saja.

Cara Mengembangkan Desain Rumah Tipe 21

Namun tingginya kebutuhan masyarakat terhadap rumah tinggal tentunya tak bisa terbendung hanya oleh keterbatasan luasan lahan. Apalagi jika kemampuan keuangan juga terbatas, sehingga desain rumah tipe 21 pun akhirnya menjadi pilihan yang terpaksa dipilih. Terlebih dengan adanya bantuan subsidi pemerintah untuk pengadaan rumah tipe kecil, maka harganya pun relatif masih terjangkau.

Namun jika anda ingin memiliki rumah hunian yang terasa lebih lega dan lapang meskipun dengan tipe 21 mungkin ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyiasatinya. Pertama, jika dana masih ada sisa tak ada salahnya membeli atau membangun dua buah rumah yang berdekatan dengan tipe sama, yaitu tipe 21. Cara ini cukup efektif dan banyak dilakukan masyarakat agar rumah tidak terlalu sempit.

Baca juga Artikel Menarik Lainnya:
Kenali Ragam Fungsi Desain Teras Rumah Minimalis
Tips Menyiasati Desain Rumah Kecil agar Terasa Lega
Memilih Desain Rumah Tingkat yang Fungsional
Variasi Model Desain Pintu Rumah yang Nyaman dan Aman
Gaya Desain Rumah Minimalis Sederhana Yang Simpel

Dengan adanya dua rumah kecil berdampingan, maka anda dapat menjadikannya satu rumah dengan jumlah kamar dan luasan yang lebih longgar. Desain rumah tipe 21 pun akan berubah menjadi layaknya rumah tipe 45 namun dengan harga yang jauh lebih murah. Begitu juga untuk jumlah kamar yang akan dibangun bisa lebih banyak sesuai jumlah anak dan kebutuhan anggota keluarga.

Dengan membangun dua buah rumah tipe 21 yang bergadengan juga banyak keuntungannya. Sisa tanah yang biasanya ada akan menambah luasan. Begitu juga dalam merencanakan ruangan yang penting akan terasa lebih fleksibel karena tinggal melebarkan saja. Seperti ruang keluarga atau ruang makan dapat lebih fungsional sebagai media komunikasi seluruh anggota keluarga. Inilah manfaat membangun desain rumah tipe 21 agar terasa lebih lega dan nyaman untuk keluarga anda.

Tag: ,

Related to Tips Desain Rumah Tipe 21 agar Terasa Lapang dan Nyaman